Salin Artikel

Jokowi Minta Mobil Perdesaan Segera Produksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puas menengok deretan mobil dan motor terbaru di IIMS 2018, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri mengunjungi booth Kementrian Perindustrian yang terletak di Hall C3.

Presiden Jokowi menyempatkan diri menjajal naik alat multiguna perdesaan (amdes) ditemani Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kapan ini diluncurkan? Segera produksi. Apa yang bisa pemerintah bantu," ucap Presiden Joko Widodo saat berada di balik kemudi Amdes, Kamis (19/4/2018).

Presiden Direktur Kiat Motor, Sukiat, mengungkapkan ini bukan kali pertama presiden Jokowi bertemu dengan produk amdes miliknya. Pertama kali pertemuan pertama ada di Klaten masih dalam bentuk konsep.

Sukiat mengungkapkan selain ditawarkan bantuan okeh pemerintah, Sukiat juga berharap regulasi terhadap produk amdes ini bisa dikeluarkan pemerintah melalui menteri perindustrian.

Nantinya produk multi guna ini akan menggunakan STNK dan terdaftar resmi sebagai kendaraan yang dapat digunakan sehari-hari.

"Di pameran ini masih pre prototipe. Agustus kita harapkan bisa diluncurkan. Pabrik kami ada dua yakni Cikarang dan nanti di Klaten," ucap Sukiat.

Sukiat mengungkap industri ini akan menampung ribuan tenaga kerja. Layanan purna jualnya nanti sebagian besar direncanakan akan melibatkan siswa SMK untuk menangani kendaraan yang 75 persennya merupakan komponen lokal.

"Kita rencana jual di harga Rp 65 juta. Tadi pak presiden minta dikurangi, kita bilang tergantung hitungan setelah regulasi. Pak presiden menginginkan produk ini bisa dipakai masyarakat banyak," ucap Sukiat.

Produk yang menggunakan mesin diesel bertenaga 14 pk ini di pameran IIMS sudah bisa dipesan calon konsumen.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/04/19/120110215/jokowi-minta-mobil-perdesaan-segera-produksi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.