Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Kendaraan Presiden Jokowi Saat Meresmikan Proyek Infrastruktur

Jakarta, KOMPAS.com — Pembangunan proyek infrastruktur gencar dilakukan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi sendiri cukup rajin menghadiri peresmian proyek tersebut, tidak hanya yang berlokasi di Pulau Jawa, tapi juga hingga Papua.

Berbicara mengenai peresmian proyek ini, ada salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan Jokowi, yakni menjajal proyek dengan kendaraan khusus yang bukan mobil dinasnya. Dari mulai sepeda motor trail hingga truk sudah pernah dijajalnya.

Berikut daftar kendaraan yang pernah digunakan Jokowi saat peresmian proyek infrastruktur:

1. Kawasaki KLX 150

Selama 2017, Presiden Jokowi tercatat dua kali beraksi dengan Kawasaki KLX 150 BF SE saat tengah melakukan kunjungan kerja. Pertama saat kunjungan ke Papua, dan yang kedua di Muara Gembong, Bekasi.

Khusus yang pertama, dia menggunakannya saat menjajal proyek pembangunan Jalan Trans-Papua ruas Wamena-Mamugu I pada Mei 2017. Saat itu, Presiden Jokowi mengatakan sengaja naik trail untuk merasakan langsung sulitnya medan di Papua.

"Kalau naik trail, kelihatan jelas kesulitannya. Kita ini coba melihat di lapangan. Itu baru naik, coba bayangkan yang membangun," ujar Presiden sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi Istana, Rabu (10/5/2017).

2. Land Rover Defender

Awal November 2017, Jokowi meresmikan ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1B dan 1C. Usai acara peresmian, Jokowi langsung menjajal jalan tol dengan menggunakan pikap lawas Land Rover Defender County.

RI 1 tidak mengendarai mobil ini sendiri, tetapi menjadi penumpang di bangku depan sebelah kiri. Peresmian tol Becakayu Seksi 1B dan 1C dihadiri berbagai komunitas mobil off-road lawas. Dibanding mobil lawas lain yang ada di lokasi, Land Rover Defender dinilai lebih memenuhi unsur keamanan sesuai standar yang diterapkan Paspampres.

3. Mobil Listrik Buatan ITS

Pertengahan Desember 2017, Jokowi menjajal Ezzy II, mobil listrik yang dikembangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Ia menggunakannya usai meresmikan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) di pintu masuk Warugunung Surabaya.

Didampingi tim teknis dari ITS, Jokowi menduduki kursi bagian depan. Tercatat ada 20 kilometer jarak yang ditempuh mobil listrik yang berwarna merah itu. Jokowi mengaku merasakan sedikit goncangan pada mobil saat pengemudi perpindahan persneling.

Namun Jokowi menyatakan pemerintah mengapresiasi produk mobil listrik ITS tersebut. Jokowi menyatakan pemerintah akan mendorong pengembangan mobil listrik agar bisa diproduksi massal dan diakses pasar.

"Memang prosesnya lama dan sulit, tapi pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri," ujar dia saat itu.

4. Mitsubishi Fuso

Aksi terbaru yang dilakukan Jokowi dilakukan usai meresmikan jalan Tol Ngawi-Kertosono, seksi Ngawi-Wilangan, di Gerbang Tol Madiun, Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (29/3/2018). Saat itu ia menumpangi truk yang dijuluki "Si Kepala Kuning", Mitsubishi Fuso Super HDX.

Duljatmono, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors ( KTB) mengatakan unit itu tidak disiapkan oleh perusahaan, melainkan oleh kontraktor jalan Tol tersebut.

"Jadi natural saja, karena populasi truk kita juga mendomonasi di Indonesia ini, dan saya cukup bangga pak Presiden naik truk itu," ujar pria yang akrab disapa Momon saat dihubungi KOMPAS.com, Jumat (30/3/2018).

 Saat ini masih banyak proyek infrastruktur yang berlangsung di berbagai daerah, beberapa di antaranya memungkinkan diresmikan langsung oleh Jokowi jika sudah rampung. Tentu menarik menantikan kendaraan jenis apa lagi yang akan digunakan sang presiden.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/31/174039615/deretan-kendaraan-presiden-jokowi-saat-meresmikan-proyek-infrastruktur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke