Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Hauwke Keliling Dunia Pakai Land Cruiser Lawas

Jakarta, KOMPAS.com -Buat Hartawan "Hauwke" Setjodiningrat perasaan punya mobil mewah sepertinya sudah hal biasa. Pria kelahiran 1955 ini dikenal punya banyak koleksi mobil, dari yang kuno hingga modern.

Berpetualang bersama tiga rekan, keliling dunia sejak pertengahan 2014-Desember 2017, melintasi 60 negara, menyisakan cerita menarik. Dari puluhan koleksi mobil yang dimiliki, Hauwke justru memilih mengendarai dua unit Toyota Land Cruiser VX lansiran 1995 dan 1996, selama berpetualang.

Ditemui di rumahnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018), Hauwke menjelaskan alasan menggunakan Land Cruiser lawas. Menurut Hauwke, Land Cruiser VX merupakan salah satu tipe mobil yang banyak digunakan di seluruh dunia. Karena banyak digunakan, maka akan mudah mendapatkan suku cadang jika mobil Hauwke dan rekan-rekannya mengalami masalah saat perjalanan.

"Populasinya banyak dan banyak bengkel yang mengerti juga. Kalau VX yang baru kan udah Euro 5. Jadi tidak boleh sembarangan isi solarnya. Kalau yang ini pakai solar biasa juga tidak apa-apa," kata Hauwke.

Dari 60 negara yang sudah dilewati Hauwke, beberapa diantaranya merupakan negara yang dulu pernah menjadi lokasi perang. Ia mencontohkan negara-negara Balkan pecahan Yugoslavia.

Menurut Hauwke, di lokasi perang, pasukan perdamaian PBB kerap menggunakan Land Cruiser VX untuk kendaraan operasional. Hal itulah yang disebutnya menjadi salah satu penyebab menjamurnya populasi Land Cruiser VX. Karena menjamur, Hauwke menganggap maka mobil tersebut juga tidak akan menarik perhatian pelaku kejahatan.

"Saya pakai mobil yang orang tidak mau nyolong. Mobilnya juga tidak saya macam-macamin (modifikasi). Biasa aja," ujar Hauwke.

Saat ini, Land Cruiser VX tahun 1995 dan 1996 yang dipakai Hauwke dan rekan-rekannya tengah disimpan di Hamburg, Jerman. Dengan mobil itulah nantinya Hauwke dan rekan-rekannya akan melanjutkan kembali petualangannya keliling dunia.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/03/13/123100215/alasan-hauwke-keliling-dunia-pakai-land-cruiser-lawas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke