Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Populasi Pajero Sport Menuju 120.000 Unit, Ini Cerita Perjalanannya

Jakarta, KompasOtomotif – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) hari ini resmi meluncurkan dua varian baru Pajero Sport yang diproduksi lokal. Ini menorehkan cerita baru perjalanan Sport Utility Vehicle (SUV) andalan merek berlambang tiga berlian itu di dalam negeri.

Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, Pajero Sport dikembangkan dari ketangguhan yang telah teruji lewat labolatorium alam di ajang Rally Paris Dakar. Model ini pertama kali diperkenalkan ke Indonesia pada 2009 dan mendapatkan respon positif.

“Antusiasme dan dukungan masyarakat Indonesia yang sangat baik dan berkesinambungan pada Pajero. Buktinya capaian penjualannya saat ini sudah menuju 120.000 unit, dengan market share sebesar 40 persen di segmen Mid-SUV, dan juga menjadi market leader di kelas SUV 4x4,” ucap Kondo, Rabu (17/1/2017).

Berkut perjalanan singkat penantang Toyota Fortuner di dalam negeri.

  1. Pajero Sport pertama kali meluncur di Indonesia pada 2009 dengan tiga varian andalan di kelas SUV 4x2 dan 4x4 yaitu Exceed, GLS dan GLX yang dilengkapi dengan mesin diesel.
  2. Kemudian pada 2011 diperkenalkan varian baru dengan mesin 2.5-liter DI-D Commonrail with Variable Geometry Turbo (VGT).
  3. Tahun 2013, Mitsubishi melakukan penyegaran total dari seluruh varian dengan sembilan ubahan pada sisi eksterior dan interior, dilaim tampil makin sporty, dinamis dan agresif.
  4. Pada 2014, MMKSI meluncurkan varian Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220PS, disebut punya suara lebih halus dan emisi gas buang rendah.
  5. Mitsubishi Indonesia LUncurkan pergantian model baru dengan tagline “a Vision to Explore”, yang memiliki empat karakteristik utama: High Quality Design, Quality Comfortable Cabin, Superior Performance dan Innovation and Convenience.
  6. Lalu di 2017, diperkenalkan varian baru Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 yang dirakit di Indonesia. Pada 2017 secara total terdapat 3 varian PAJERO SPORT yang dirakit di Indonesia, yaitu Dakar 4x2, Dakar Ultimate 4x2 dan Dakar 4x4.
  7. Terakhir pada 2018 , Mitsubishi kembali menambah varian Exceed 4X2 AT dan GLX 4X4 MT yang dirakit di fasilitas produksi Mitsubishi Motors di Indonesia.

Pada awal pengenalannya di dalam negeri, kandungan lokal yang terdapat pada varian Pajero Sport yang dirakit di Indonesia adalah 29 persen. Sedangkan saat ini kandungan lokalnya diklaim sudah mencapai 34 persen dan akan terus ditingkatkan secara bertahap. 

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/17/172500915/populasi-pajero-sport-menuju-120.000-unit-ini-cerita-perjalanannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke