Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Sirkuit Buriram Sebelum MotoGP 2018

Sirkuit yang digunakan adalah Buriram United International Circuit (BRIC) atau yang juga dikenal dengan nama Chang International Circuit. Lokasi sirkuit terletak di Buriram, sekitar 400 km dari Bangkok yang bisa ditempuh lewat darat selama 5 jam tanpa berhenti atau sekitar 50 menit dengan pesawat.

BRIC dibangun pada 2013 oleh perancang sirkuit MotoGP kenamaan, Hermann Tilke. Pembangunannya diinisiasi politikus kaya dan mantan menteri Newin Chidchob yang juga memiliki klub sepakbola Buriram United.

Bangunan utamanya adalah grandstand yang bisa menampung 50.000 penonton. Selain itu ada juga tiga bangunan tempat duduk lainnya yang bila ditambah grandstand total kapasitasnya menampung  100.000 orang.

Baca: Pesona Gadis Thailand di Sirkuit Buriram

Paddock dirancang ada di bawah grandstand jadi memaksimalkan pandangan penonton ke sirkuit, hasilnya adalah latar belakang luas yang ditutupi langit biru. Di belakang bangku penonton adalah ruangan untuk lounge, press room, dan toko souvenir, serta ruangan lainnya pendukung balapan.

Ada enam variasi trek yang tersedia, tiga di antaranya bisa digunakan bersamaan. Sirkuit ini juga bisa menggelar balapan pada malam hari karena pencahayaannya memenuhi standar FIA. Di tengah sirkuit terdapat dua danau buatan yang membantu udara bersirkulasi.

Pembangunan sirkuit selesai pada September 2014 dan mendapat status Grade A dari FIA, itu berarti sudah bisa menggelar balapan F1 dan MotoGP. Sejak diresmikan, BRIC sudah menggelar banyak kejuaraan roda empat dan dua, termasuk Super GT Series, World Superbike, World Supersport, dan FIM Asia Road Racing Champhionship, 

https://otomotif.kompas.com/read/2017/12/05/142300015/mengenal-sirkuit-buriram-sebelum-motogp-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke