Salin Artikel

"Cuci Robot" Mobil Bersih Hanya Hitungan Menit

Depok, KompasOtomotif - Semakin menjamurnya tempat pencucian mobil tentu saja menuntut para pelaku usaha untuk berinovasi. Menyediakan layanan jasa yang berbeda dari yang lain mutlak diperlukan untuk menarik konsumen.

Kondisi itulah yang kemudian melatarbelakangi adanya layanan "cuci robot". Cuci robot adalah istilah yang dipakai untuk tempat cuci mobil yang tenaga pembersihnya menggunakan bantuan mesin khusus. Mesin inilah yang kemudian dikenal dengan istilah robot.

Di Jalan Margonda, Depok, ada dua tempat yang menawarkan layanan jasa cuci robot. Masing-masing di Wijaya Motor (samping SPBU Shell ruas arah Lenteng Agung) dan di Mutiara Ban (samping diler Toyota).

Pada Selasa (7/11/2017), KompasOtomotif mendatangi dua tempat tersebut. Harga jasa yang ditawarkan sama, yakni Rp 25.000. Tidak hanya menawarkan harga jasa yang sama, baik Wijaya Motor dan Mutiara Ban juga menawarkan cuci cepat hanya dengan lima menit. Cuci mobil cepat Rp 25.000 hanya dalam lima menit merupakan jasa pencucian hanya untuk bagian luar.

Pantauan KompasOtomotif di kedua lokasi, layanan jasa cuci robot tidak sepenuhnya menggunakan tenaga robot. Karena masih ada pengerjaan secara manual oleh tangan manusia.

Dalam proses cuci robot, pemilik mobil tidak perlu keluar dari kendaraannya. Mereka hanya perlu menutup rapat seluruh kaca mobilnya.

Begitu mobil tiba di lokasi, ada pencucian tahap awal yang dilakukan oleh sekitar 4-5 orang. Proses pencucian awal sama seperti pencucian mobil pada umumnya. Seluruh body mobil akan disemprot air dengan menggunakan kompresor.

Setelah itu, para pekerja akan mengoleskan sabun untuk kemudian disemprot kembali. Setelah proses pencucian tahap awal rampung, barulah kemudian mobil masuk ke ruang pembersihan.

Ruang pembersihan memiliki luas yang panjang dan lebar diperkirakan 10 x 3 meter. Saat masuk ke ruang pembersihan, roda-roda mobil sudah berpijak di atas motor penggerak yang akan menggeser mobil maju ke arah depan secara perlahan.

Selama di ruang pembersihan inilah, terdapat sejumlah mesin penyemprot bertekanan tinggi yang akan menyiram air ke seluruh bagian mobil. Tidak hanya penyemprot, ruang pembersihan juga dilengkapi blower.

Setelah sekitar tiga menit berada ruang pembersihan, mobil pun selesai dibersihkan untuk kemudian dikeringkan oleh sejumlah pekerja. Selesai dibersihkan, pengguna mobil diberi pilihan untuk jasa pembersihan ke seluruh bagian dalam mobil (vacuum), biaya yang dikenakan menjadi Rp 50.000.

Karena yang dikerjakan bagian dalam, pemilik mobil pun harus keluar dari mobilnya. Proses pembersihannya dikerjakan secara manual oleh tenaga manusia selama sekitar 15-20 menit.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/11/08/102200915/-cuci-robot-mobil-bersih-hanya-hitungan-menit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.