Salin Artikel

Mitsubishi Xpander Juga Menggoyang Mobil Bekas

Angka tersebut seakan menjadi amunisi bagi Xpander untuk melawan para rivalnya di kelas MPV sejuta umat. Mulai dari Avanza, Xenia, Mobilio, dan Ertiga, bahkan bukan hanya membuat dampak di segmen mobil baru, tapi juga mobil bekas (mobkas).

Kehadiran Xpander, memaksa model-model konvesional menggelontorkan program penjualan, terutama diskon dan cicilan ringan. Diskon ini otomatis memangkas harga mobil baru, sehingga berdampak pada mobil bekas.

Baca : Bisnis Mobkas yang Jadi "Mainan" Baru ATPM

Meski secara besar-besaran belum terlihat, namun kehadiran Xpander sudah mulai terasa di beberapa kalangan pedagang mobkas.

"Dampak untuk mobil baru sudah bisa dilihat, dari beberapa berita bilang penjualan untuk MPV murah sekelas Xpander down. Kalau untuk mobil bekas memang secara langsung efeknya belum terasa, tapi akibat Xpander mobil bekas seperti Avanza, Mobilio, Xenia, dan Ertiga ada penyesuaian (harga), lebih turun dari dua bulan lalu," ujar Teddy salah satu pemilik showroom mobkas di MGK-Kemayoran saat dihubungi KompasOtomotif, Sabtu (26/8/2017).

Warning

Selain Teddy, Pengamat Pasar Mobil Bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, juga mengungkapkan hal senada. Bila melihat dari tren penjualan mobkas saat ini untuk jenis mobil small MPV mengalami penurunan hingga 10 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Tidak hanya itu, Herjanto juga menegaskan bahwa kehadiran Xpander menjadi lampu kuning bagi Avanza dan kawan-kawannya. Selain dari sisi model dan fitur yang ditawarkan Mitsubishi, harga Xpander seakan menjadi bomerang bagi Avanza cs.

Baca : Dua Minggu, Pesanan Xpander Sudah 11.000-an Unit

"Xpander bisa jadi barometer model dan harga, kita tahu rata-rata small MPV yang ada saat ini seakan over price. Ini jadi warning, bagi Toyota, Honda, Daihatsu, dan Ertiga untuk mengoreksi bahkan segera mungkin meluncurkan model baru. Kalau tidak, dampaknya bisa besar di kelas mobil baru atau bekas, apalagi saat Xpander sudah masuk pasar mobkas," ucap Herjanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/08/28/160200515/mitsubishi-xpander-juga-menggoyang-mobil-bekas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.