Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Inggris Termahal yang Dijual di Lelang

Ontario, KompasOtomotif – Rekor baru mobil asal Inggris yang dijual paling mahal kali ini dipecahkan oleh Aston Martin di Monterey. Sebelumnya gelar ini dipegang oleh Jaguar D-Type XKD 501 yang dijual 21,78 juta dolar AS atau Rp 290 miliaran pada 2016 lalu.

Mengutip Autoevolution, Kamis (24/8/2017) Aston Martin DBR1/1 naik bursa lelang dan berhasil menarik minat sampai harganya menyentuh 22,6 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 301 miliaran.

Mobil balap Inggris yang ditawarkan oleh rumah lelang RM Sotheby, diklaim sebagai model paling penting Aston Martin yang pernah diproduksi. Ini merupakan yang pertama dari lima model yang dibuat untuk balap, model dengan chassis nomor “1” dilengkapi dengan reproduction inline-six yang dirancang oleh RS Williams.

Dari semua keunggulannya, yang paling penting dari DBR1/1 adalah kemenangannya di Nurburgring 1000 km pada 1959 dan di ajang World Sportscar Championship. Carroll Shelby, Stirling Moss, Roy Salvador, dan Reg Parnell hanyalah segelintir nama-nama legenda balap, yang duduk di kursi pengemudi mobil balap ikonik ini.

Menurut laporan, penawaran DBR1/1 cukup liar, di mana pada proses lelang sejak awal sampai akhir berlangsung kurang dari tujuh menit. Informasi soal siapa yang akhirnya memboyong mobil ini tidak diberitahukan, tapi nampaknya seorang kolektor mobil klasik.

Pada 2013, Sir Stirling Moss pebalap legenda Inggris sempat mengendarai DBR1/1, pada perayaan ulang tahun keseratus mobil itu di Nurburgring Nordschleife. 

https://otomotif.kompas.com/read/2017/08/25/074300815/mobil-inggris-termahal-yang-dijual-di-lelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke