Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Model Honda Masih Kuasai Pasar

Kompas.com - 17/05/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali merasakan angin segar setelah jajaran produknya menuai hasil positif. Honda Civic Turbo, HR-V 1.5L, Jazz, dan Brio RS sukses menguasai masing-masing segmen hingga April 2017.

All New Honda Civic sudah terjual 863 unit sampai dengan April 2017. Angka tersebut bertambah 37 unit dari bulan Maret dan mengantarkan Civic kembali menjadi market leader dengan penguasaan pasar 75 persen di segmen medium sedan.

Baca : Mobil Honda Sangat Kuat di 4 Segmen ini

Selain Civic, beberapa model Honda lain juga ikut mengalami tren positif. HR-V 1.5L menguasai pasar low sport utility vehicle (LSUV) dengan market share 38 persen dan terjual 14.459 unit hingga April 2017. Dalam periode yang sama, Jazz juga ikut menguasai pasar hatchback 50 persen dengan penjualan 6.195 unit.

Brio RS ikut merasakan pertumbuhan dengan kenaikan penjualan di bulan April mencapai 1.232 unit. Secara total, sepanjang 2017 Brio RS sudah terjual 3.422 dan meraih pangsa pasar 39 persen di segmen city car.

Keempat produk Honda ini masih menjadi yang terkuat. Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per April 2017, Civic masih mendominasi dibandingkan All New Toyota Altis, begitu juga dengan HR-V 1.5L yang meninggalkan Rush, Terios, Trax, dan Juke. Jazz juga melenggang tenang di atas Yaris, Mazda2, dan Kia Rio.

KRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Sedangkan Brio RS sukses membuat jarak yang cukup jauh dengan Nissan March, Daihatsu Sirion, dan Mitsubishi Mirage. Namun sinyal perlawanan sudah terlihat dari Suzuki Ignis, meski baru meluncur April lalu namun sudah menempati posisi kedua, tepat di bawah Brio dan mencuri pasar 29 persen.

Secara total, penjualan Honda di bulan April mencapai 14,678 unit, bila diakumulasi hingga April 2017 jumlahnya sebesar 67.696 unit dan meraih market share sebanyak 18 persen.

Baca : CR-V Baru Langsung Genjot Penjualan Honda

”Terima kasih atas respon masyarakat terhadap produk baru yang sampai saat ini terus menjadi market leader di segmennya. Kami berharap All New Honda CR-V yang juga produk baru kami mendapat sambutan baik dari para konsumen,” ucap Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM dalam siaran resminya, Selasa (16/5/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com