Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan Belanja Motor dan Mobil via Toko Online

Kompas.com - 04/05/2017, 15:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mulai saat ini, mulailah buka cakrawala pemikiran kita, bahwa beli mobil atau sepeda motor baru tak harus ke diler, atau datang ke pameran. Cukup duduk manis di depan komputer, buka web toko online, dan cari merek serta model yang Anda incar, proses, dan tunggu sampai barang pesanan Anda datang.

Ya, sesimpel itu, karena ini sudah era digital. Banyak orang mengira bahwa belanja kendaraan secara online tidak senyaman dan menguntungkan dibanding membeli melalui diler offline. Namun setelah KompasOtomotif amati, justru ini akan menjadi tren ke depan, karena banyak keuntungan yang bisa didapat calon konsumen.

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, KompasOtomotif mendapat ”pencerahan” dari Blibli.com, salah satu toko online yang menjadi partner pameran. Salah satunya, kalau Anda beli via leasing, bunga cukup besar sudah menanti. Di toko online, Anda bisa menyicil 24 kali tanpa bunga!

”Misalnya di tempat kami, ada cicilan 0 persen selama dua tahun untuk pembelian mobil dan motor oleh 16 bank pilihan. Ada layanan pembelian dan pemasangan suku cadang serta servis kendaraan yang sama halnya seperti membeli di outltet atau showroom,” kata Lay ridwan Gautama, Head of Trade Partnership Blibli.com, (29/4/2017).

Bayangkan, misalnya membeli Honda BeAT Rp 15 jutaan, tinggal klik dan memilih didicil 0 persen selama 24 bulan. Cukup menarik, tapi tentu ini hanya bisa dilakukan buat Anda yang punya kartu kredit, itu pun limit kreditnya harus di atas harga barang yang akan dibeli.

KompasOtomotif juga menyisir keuntungan lainnya, bahwa setelah diamati, kita juga bisa tahu, mobil atau motor incaran ini ada stok atau tidak. Ternyata banyak pengalaman orang bercerita di berbagai forum, bahwa hal ini bisa jadi andalan toko online.

Misalnya, beli Toyota All New Innova VRZ di diler hanya obral janji soal lamanya inden, tapi setelah lihat di toko online ada stok, bisa saja mengalihkan perhatian ke sana. Skema pembayaran juga bermacam-macam, dan tentu saja, bisa memilih dicicil tanpa bunga.

Leluasa
Coba bayangkan, Anda harus berhadapan dengan tenaga penjual, melakukan negosiasi, bertatap muka, janjian. Ketika membuka toko online, semua kondisi itu tidak akan ditemukan. Namun, jika ada promo seperti biasa diberikan diler berupa banyak aksesori, Anda tak akan mendapataknnya.

Dikatakan Lay, bahwa dalam beberapa waktu ke depan, para merchant yang bergabung sebagai mitra di toko online akan sangat terbantu, karena mereka punya channel untuk menjangkau future market.

”Semakin ke sini, tren orang mencari informasi adalah melalui digital channel. Sehingga pada saat ada launching  produk baru atau promo, bisa dilakukan pararel dengan offline. Konsumen di luar kota yang berminat bisa langsung melakukan pemesanan,” kata Lay.

Tetapi, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan toko online, salah satu kekurangan yang masih belum bisa diimbangi adalah melihat barang. Membeli produk tanpa melihat dan menyentuhnya langsung masih jadi kendala buat sebagian besar calon konsumen. Kalau Anda bagaimana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com