Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Pun Ikut Boikot Trump

Kompas.com - 20/01/2017, 15:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Reuters

Washington DC, KompasOtomotif – Produsen motor asal Jepang, Kawasaki, menyatakan tak lagi ambil bagian pada acara ”The New Celebrity Apprentice”.

Keputusan ini diketok setelah mengetahui bahwa Presiden Amerika terpilih, Donald Trump, masih terlibat pada reality show itu sebagai Produser Eksekutif.

Apa yang dilakukan Kawasaki adalah buntut feedback konsumen, kegelisahan di kalangan eksekutif, dan kampanye boikot pada akar rumput. Atas dasar itu, Kawasaki memutuskan tak lagi jadi sponsor.

”Setelah kami memahami kekhawatiran warga Amerika, kami mengambil pendekatan untuk tidak berpartisipasi dalam acara itu, selama Pak Trump terlibat sebagai Produser Eksekutif," kata juru bicara Kawasaki Kevin Allen dalam sebuah wawancara telepon dengan Reuters, (18/1/2017).

Keputusan itu diambil setelah penayangan pada Minggu dari sebuah episode di mana kontestan diminta untuk merancang kampanye pemasaran untuk sepeda motor Kawasaki yang baru.

Bintang film dan mantan Gubernur California Arnold Schwarzenegger menggantikan Trump sebagai host "The Celebrity Apprentice" tahun lalu,  setelah pengusaha asal New York itu memulai kampanye menuju Gedung Putih.

Allen mengatakan bahwa Kawasaki tidak menyadari kalau Trump akan dipertahankan dalam acara itu saat perusahaan setuju menjadi bagian dari acara tv tersebut pada musim panas 2016 lalu.

Allen juga mengakui pengaruh kampanye media sosial #grabyourwallet, yang mendesak Amerika untuk berhenti berbelanja di sekitar 70 perusahaan yang melakukan bisnis dengan Trump atau keluarganya. Kampanye itu bahkan telah diiklankan di "The Celebrity Apprentice," atau sudah memberikan kontribusi dana untuk kampanye presiden.

“Kekhawatiran dari para pelanggan kami sendiri, serta kampanye #grabyourwallet menyita perhatian eksekutif kami," kata Allen.

Trump akan dilantik sebagai Presiden AS di Washington, Jumat (20/1/2017). Belum ada tanggapan dari staf Trump mengenai keputusan Kawasaki ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com