Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekhawatiran Bos Formula 1 di Musim 2017

Kompas.com - 16/12/2016, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Kabar mendadak mengenai pensiunnya rekan Lewis Hamilton di tim Mercedes, Nico Rosberg, sangat mengejutkan. Lepas dari itu, kondisi ini juga bisa berdampak buruk untuk Formula 1 musim 2017.

Ini merupakan ketakutan dari bos Formula 1, Bernie Ecclestone. Dirinya khawatir kalau Hamilton bakal mendominasi kejuaraan jet darat ini tahun depan, tanpa memiliki perlawanan yang kuat dari rekan setimnya yang baru.

Saat ini sudah ada dua kandidat kuat yang bakal menggantikan Rosberg, Valtteri Bottas dan Pascal Wehrlein. Namun Ecclestone meragukan, kalau pengisi kursi kosong Mercedes akan dapat menantang Hamilton, dan kekhawatiran ini bisa memiliki dampak negatif pada pertunjukan.

"Saya pikir tak seorang pun akan mau membeli tiket dan pergi ke arena balap, untuk menonton perlombaan atau menonton di televisi, di mana Lewis menghilang (melaju paling depan sendirian) dari kami, ketika lampu hijau menyala," ujar Ecclestone mengutip Motorsport,com, Kamis (15/12/2016).

"Saya harap, kalau penilaian saya salah akan kompetisi F1 dan Hamilton . Saya harap juga siapa pun yang duduk menggantikan Rosberg, bisa menyaingi Hamilton. Pendapat negatif saya musim depan semoga tidak menjadi kenyataan," tutur Ecclestone.

Ada Harapan

Meski masih tetap kekeh akan akan pendapatnya, di mana sulit ada pembalap mengalahkan Hamilton (kecuali Rosberg), Ecclestone masih mempertimbangkan pembalap Red Bull, Max Verstappen, sebagai salah satu orang yang bisa menantang Hamilton, karena memiliki mesin yang setara.

"Ketika saya mengatakan tidak ada yang bisa menantang Hamilton, mungkin Max dengan mobilnya, yang paling mungkin melakukan itu. Masalahnya sebenarnya sederhana, tim Mercedes, memiliki mesin sempurna dan mereka punya driver terbaik di dunia,” kata Ecclestone.

Tim Mercedes mengkonfirmasi, kalau pihaknya tidak akan mengumumkan nama pengganti Rosberg di 2016, yang artinya nama tersebut baru akan muncul di 2017.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com