Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Harapan Otomotif Membaik Tahun Depan

Kompas.com - 07/12/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Prediksi sementara dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hasil penjualan mobil pada tahun ini tidak akan naik signifikan dari tahun lalu sebesar 1,013 juta unit. Walau begitu, sinar cerah menanti pada tahun depan seiring berbagai perbaikan di berbagai sektor yang menunjukan sinyal positif.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo menyampaikan, pada tahun ini perekonomian Indonesia sebenarnya sudah pulih, namun memang konsumen masih menahan pembelian. Harapannya, gairah bakal tumbuh tahun depan karena kemampuan beli konsumen membaik.

“Tahun depan kita bertahan menggunakan tabungan konsumen,” ucap Kukuh saat dihubungi, Senin (6/12/2016).

Faktor pendukung lain yang disebutkan Kukuh yakni pulihnya harga komoditi seperti batu bara yang sudah naik, serta dampak pembangunan infrastruktur yang bakal semakin terasa tahun depan. Keduanya bisa meningkatkan perekonomian dalam negeri.

Pembangunan infrastruktur mengerek naik kemampuan daerah sebagai serapan penjualan mobil di luar kota besar. Kukuh mengatakan porsi Jakarta sebagai lokasi penjualan mobil terbesar berangsur berkurang tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com