Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik dan Hibrida Dilarang Tanpa Suara

Kompas.com - 16/11/2016, 16:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Autoblog

Washington D.C, KompasOtomotif - Salah satu keunggulan teknologi listrik dan hibrida yakni tidak berisik ketimbang mesin konvensional.

Ternyata kelebihan itu juga justru jadi kekurangannya, sebab regulator di Amerika Serikat (AS), National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menilai bila tanpa suara bisa membuat kendaraan listrik dan hibrida tidak bisa diantisipasi pejalan kaki.

Dampaknya NHTSA berencana mengeluarkan regulasi yang memerintahkan para produsen agar menyematkan perangkat penghasil suara mulai 1 September 2019. Harapannya, sistem baru ini mencegah sebanyak 2.400 pejalan kaki yang cedera dari data tahunan.

toyota Mencoba langsung fitur bantuan pengereman pada Toyota Prius
Regulasi itu berlaku pada kendaraan listrik dan hibrida dengan Gross Vehicle Wight Rating (GVWR) di bawah 10.000 pound (4.535,9 kg). Kendaraan harus bersuara pada kecepatan 19 mph (30,5 kpj), pada kecepatan tinggi NHTSA menilai tidak perlu lagi bersuara karena sapuan angin dan berisik ban sudah cukup menghasilkan suara.

Kesunyian di mobil listrik dan hibrida merupakan salah satu alasan konsumen memilih. Permintaan baru dari NHTSA ini tentu bakal membuat para produsen berpikir dan mengembangkan teknologi baru. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com