Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eurokars Dapat Dukungan yang Sama dari Prinsipal

Kompas.com - 14/10/2016, 17:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  Per 1 Februari 2017 mendatang, merek Mazda di Indonesia bakal berpindah tangan dari PT Mazda Motor Indonesia (MMI) ke PT Eurokars Motor Indonesia (Eurokars). Status Eurokars diklaim sama seperti MMI, sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Mazda, meski bukan ranting perusahaan langsung dari prinsipal Mazda Motors Corporation di Jepang.

Hak impor sebagai distributor, pelayanan, dan penyediaan suku cadang akan diambil alih. Artinya, kendali sepenuhnya bakal dijalankan Eurokars tanpa keterlibatan Mazda Motors Corporations (MMC) Jepang. Sebelumnya, kepemilikan saham MMI adalah 100 persen MMC.

”Memang akan ada masa transisi bisnis, dilakukan sejak saat ini sampai 1 Februari. Nantinya semua diler akan tetap beroperasi seperti biasa, mendapat sokongan yang sama seperti saat ini. Begitu juga dengan Eurokars, akan diberikan support yang sama oleh MMC seperti ketika menyokong MMI,” kata Senior Marketing Manager MMI Astrid Ariani Wijana, (14/10/2016).

Saat ini, sudah 45 diler resmi Mazda tersebar di Indonesia. Astrid menegaskan tidak akan ada pengaruh terhadap diler, semua akan berjalan seperti biasa. Hanya, hubungan antara distributor dan diler akan berpindah jalur komunikasinya, dari MMI ke Eurokars.

Penjualan mobil-mobil Mazda ditegaskan Astrid akan berjalan seperti biasa. Bahkan pasokan mobil untuk memenuhi permintaan pun dipastikan tidak ada kendala selama masa transisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com