Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Ini Sudah Sadar Bahaya Emisi Kendaraan

Kompas.com - 13/10/2016, 13:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Oslo, KompasOtomotif – Norwegia menjadi negara yang sangat besar memberi sumbangsih terhadap penjualan kendaraan ramah lingkungan. September 2016 lalu, 46,9 persen dari registrasi kendaraan baru diisi oleh mobil full listrik, hybrid, dan plug-in hybrid.

Artinya, klaim HybridCars, (12/10/2016), sebagian besar penduduk negara skandinavia ini menyadari bahwa emisi gas buang dari mobil-mobil dengan internal combustion engine berbahaya buat lingkungan di masa depan.

Lebih spesifik lagi, dari 46,9 persen jumlah itu, 19 persen di antaranya adalah mobil full elektrik, naik 17,1 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, mobil hybrid menyumbang 14,9 persen penjualan mobil, atau naik 12,6 persen dibandingkan September 2015. Sedangkan jenis plug-in hybrid tumbuh 4,2 persen menjadi 13 persen dari penjualan mobil di Norwegia.

Angka-angka itu membuat Norwegia menjadi negara konsumen mobil plug-in hybrid terbesar di Eropa, dan terbesar keempat secara global. Secara kumulatif, sudah 121.000-an mobil plug-in hybrid di negara itu sejak 2004.

Di lain sisi, penjualan mobil diesel justru anjlok dari 39,2 persen pada September 2015 menjadi 26,4 persen bulan lalu. Lalu, mobil berbahan bakar bensin juga turun, dari 31 persen menjadi 25,8 persen.

Mobil ramah lingkungan yang paling laku di Norwgia adalah Tesla Model X, dikirim ke 601 konsumen. Lalu, model-model lain yang laku keras adalah Volkswagen e-Golf dan Golf GTE plug-in hybrid, lalu BMW BMW i3 dan Nissan Leaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com