Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Dihajar” Depan-Atas, Mercedes-Benz C-Class Bergeming

Kompas.com - 04/10/2016, 17:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Mercedes-Benz C-Class 2016 bergabung dengan jajaran mobil-mobil lain dengan status Top Safety Pick Plus alias mobil yang masuk rangking paling aman. Gelar ini disematkan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), lembaga yang concern dengan keamanan kendaraan.

Inilah redesain dari model 2015, lalu saat diuji dalam crash test, langsung menerima rating ”bagus” di semua lini. Pada tes yang disebut small-overlap, ruang untuk pengemudi terjaga baik. Efek benturan depan hanya membuat mempersempit ruang kaki cuma 4 inci.

Hasiul kontras diperoleh generasi C-Class sebelumnya yang menerima predikat ”buruk” dalam tes yang sama. Saat itu, ruang kaki maju 20 inci saat mobil ditabrak dari depan.

Catatan lain dari IIHS, mobil ini juga dinyatakan lulus uji kekuatan atap. Rasio kekuatannya mencapai angka 7, tertinggi yang pernah dicatat IIHS. Padahal, rasio minimum cuma diminta mencapai angka 4 untuk dinyatakan aman dan mendapat rating ”baik”.

Kekuatan atap ini disebut IIHS sangat penting untuk menjaga penumpang saat terjadi kecelakan yang membuat mobil terguling.

Anehnya, IIHS memberi nilai ”buruk” pada lampu utama. Disebutkan bahwa lampu Mercedes-Benz menyebabkan silau berlebihan dan kurang memadai, termasuk teknologi adaptive LED proyektor. Untung, lampu-lampu ini tidak termasuk kriteria Top Safety Pick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com