Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti CBR250RR Nyaman buat Sehari-hari

Kompas.com - 27/09/2016, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Buat yang ”ngidam” Honda All New CBR250RR, jangan khawatir sepeda motor ini bukan cuma menjadi teman yang selalu galak di setiap perjalanan. Tetapi, Honda juga menjamin kalau rival Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25 itu juga nyaman untuk motor harian.

Pernyataan itu keluar dari mulut Tetsuya Kudo, Sub Large Project Leader of All New Honda CBR250RR Honda Motor Corporation. Dia bahkan berani menjamin, sepeda motor ini menjadi yang paling mudah dikendarai di kelasnya.

KompasOtomotif langsung membuktikannya dalam sesi test ride terbatas oleh PT Astra Honda Motor di Proving Ground milik Bridgestone, di Karawang, Jawa Barat, Senin (26/9/2016). Satu hal yang bikin yakin, posisi duduk yang masih bisa ditoleransi untuk penggunaan dalam kota.

Baca: Memahami 3 Mode Berkendara Honda CBR250RR

Jika ditelisik dari ”segitiga berkendara”, yakni jok, posisi kaki, dan setang, menghasilkan posisi duduk yang tidak terlalu menunduk. Memang racy, tapi tidak bikin capek. Setang berada di bawah, namun di-counter dengan posisi kaki yang agak maju dan tinggi jok yang pas.

Mode ”Comfort”
Pasang mode berkendara ”comfort”. Mesin akan jauh lebih sopan. Berjalan pelan, sekitar 10-20 kpj, motor tidak tersendat-sendat. Biasanya, buat motor-motor yang punya torsi dan tenaga besar, jalan pelan sungguh tidak nikmat dengan efek ”ndut-ndutan”.

Istimewa-Bayu Nur Patria Honda CBR250RR saat dipakai meliuk di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat.
Berbeda dengan CBR250RR yang mampu menyesuaikan. Ini pula yang membuat KompasOtomotif yakin, motor andalan Honda ini bakal sangat mumpuni diajak bermacet-macet ria.

Baca: Geber Top Speed Honda CBR250RR

Bobot dan suspensi
Hal pendukung lain yang membuatnya asyik diajak sebagai teman sehari-hari adalah bobot yang ringan. Hal itu didukung dengan suspensi upside down di depan yang bikin motor stabil.

Memang, belum diuji di jalanan bergelombang khas perkotaan, namun saat menemui gelombang kecil di sirkuit tes, suspensi cukup mampu memberikan sensasi peredaman yang baik.

Dipakai meliuk-liuk pelan dan kencang, terbukti bobot yang ringan dan motor yang lincah memberikan efek percaya diri jika memang harus berjalan di jalanan padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com