Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Belum “Latah” dengan Motor Listrik

Kompas.com - 23/09/2016, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor listrik memang bukan yang baru di dunia otomotif, namun khusus di Indonesia, keberadaanya saat ini masih cukup asing. Tetapi, teknologi terus berkembang dan sudah saatnya mulai diperkenalkan di dalam negeri, agar tidak ketinggalan zaman.

Saat ini setidaknya sudah ada Gesits, calon merek skuter listrik nasional, hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Garansindo sebagai Agen Pemegang Merek sepeda motor dan mobil di Indonesia. Gesits sedang dalam pengujian dan akan di produksi di 2017.

Setelah itu datang Astra Honda Motor yang tidak mau kalah untuk memperkenalkan kendaraan listrik roda duanya di Indonesia, EV-Neo. AHM menggandeng Kementerian Perhubungan dan Universitas Indonesia dalam program “Uji Coba Perilaku Berkendara‎ Sepeda Motor Listrik”.

Bagaimana Yamaha?

Jika Honda Indonesia saja sudah terpancing Gesits untuk ambil bagian, bagaimana dengan Yamaha Indonesia? AHM saja bahkan sudah berencana melahirkan skuter listrik terbarunya mulai 2018.

Coba berbincang dengan M Abidin, GM After Sales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), tak banyak informasi yang diberikan. Abidin bahkan mengatakan, dirinya belum mengetahui mengenai rencana sepeda motor listrik Yamaha untuk Indonesia.

“Terkait dengan pengembangan, Yamaha sendiri sudah memiliki skuter listrik, contoh terbarunya E-Vino. Namun kapan itu diperkenalkan di Indonesia masih tidak tahu saya,” ucap Abidin.

Abidin berpendapat, sepeda motor dengan penggerak listrik, baru akan menyentuh pasar Indonesia jika infrastrukturnya sudah mendukung.

Baca juga : Ini Skuter Listrik Bergaya Retro dari Yamaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com