Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reli Serius Mitsubishi, tapi Dikemas ”Fun”

Kompas.com - 18/09/2016, 15:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Memanfaatkan program Dealer Auto Show yang dilakukan semua diler Mitsubishi di Indonesia, Indonesia Mirage Club (IMEC) menggagas ajang unik. Mereka mewadahi pengguna kendaraan penumpang Mitsubishi untuk berlomba dalam City Rally. Kegiatan ini bersifat serius, tapi dikemas fun.

Lebih dari 120 peserta pemilik mobil Mitsubishi berpartisipasi dalam agenda yang dipusatkan di diler Srikandi Alam Sutera, Tangerang, Minggu (18/9/2016). Hampir semua kendaraan penumpang Mitsubishi memeriahkan acara ini, mulai dari city car Mirage sampai SUV medium Pajero Sport.

Budhi Heryanto, Ketua Umum IMEC, sekaligus penyelenggara, menjelaskan bahwa City Rally ini merupakan lomba olahraga otomotif yang dilakukan di jalan raya atau jalan umum dengan merujuk kepada Peraturan Time Rally Nasional yang dikeluarkan oleh Ikatan Motorsport Indonesia (IMI) 2016.

”Sifatnya serius, sekaligus menyosialisasikan time rally betulan berpedoman dari Peraturan Pelengkap Perlombaan serta mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Bukan diambil waktu yang tercepat, tapi yang paling tepat,” kata Budhi.

Budhi juga mengatakan bahwa selama ini kegiatan klub berkutat di area hobi, sosial, dan lingkungan. Sport otomotif selama ini kurang disentuh. Bahkan Budhi juga mengatakan City Rally sedianya bakal diselenggarakan lebih serius di Sentul, namun hal ini dirasa terlalu berat.

Semua kriteria penilaian merujuk pada peraturan resmi. Mulai dari catatan waktu yang paling tepat, kunjungan ke pos-pos, sampai hitungan penalti saat peserta melakukan kesalahan.

”Jarak tempuh sekitar 80 km dan harus ditempuh dalam waktu 4 jam. Kegiatan diselingi dengan belanja senilai harga tertentu. Harus sesuai nilai, kalau tidak dapat penalti juga. Hasil belanjaan ini nanti dikumpulkan dan akan disumbangkan ke panti asuhan,” ucap Budhi.

Ada lima kelas yang dilombakan, masing-masing kelas diambil lima terbaik. Kelas-kelas itu adalah seeded (lebih ke arah profesional), umum (diikuti semua tipe Mitsubishi), IMAC (khusus klub Mirage), wanita, dan keluarga yang harus menunjukkan kartu keluarga sebagai syarat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com