Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Tahan Nafsu Menantang Duet Calya-Sigra

Kompas.com - 23/08/2016, 11:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif
– Sudah lama Suzuki dikabarkan siap dengan mobil murah 7-penumpang. Gosip yang beredar, platform Karimun Wagon R dipakai untuk ditambah baris ketiga. Tapi hingga saat ini, kabar itu tetap di ranah abu-abu.

Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J Tuilan mengatakan kembali bahwa proses untuk menciptakan mobil murah 7-seater tidak bisa asal dan butuh waktu yang lebih lama lagi.

Intinya, menurut Davy, Suzuki tak mau terburu-buru. Hal ini juga ditegaskan oleh Chairman Suzuki Motors Corporation Osamu Suzuki yang tidak memberi lampu hijau jika produk baru tidak direncanakan dengan baik.

”Contohnya Ertiga, Suzuki tahu produk seperti itu dibutuhkan masyarakat. Tapi jika gegabah, hasilnya malah tidak bagus. Ertiga muncul delapan tahun setelah pemain lain eksis,” kata Davy, (21/8/2016), di Tangerang.

Regulasi LCGC juga membuat para insinyur Suzuki di Jepang harus teliti menurunkan produk. Davy mengatakan bahwa para insinyur itu masih mencari formula yang tepat untuk mobil agar benar-benar fungsional.

”Misalnya, bikin radius putar yang sesuai dengan aturan. Bodi baru tentu akan memberi kesulitan tersendiri. Bisa saja misalnya Karimun dipanjangkan, 5+2 buat kami gampang. Tapi kami maunya 7-seater,” kata Davy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com