Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Sedona "Nyempil" di Antara Innova dan Alphard

Kompas.com - 15/08/2016, 12:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Setelah sekitar dua tahun jadi wacana, Kia Mobil Indonesia (KMI) akhirnya resmi memperkenalkan generasi terbaru Sedona saat pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show, Kamis (11/8/2016). Model yang sebelumnya kita kenal bernama Carnival ini bakal jadi alternatif pilihan MPV yang “nyempil” di antara kelas Innova dan Alphard.

Sedona generasi ketiga mengenakan nama depan Grand, di bawah kap mesin menggendong unit bensin V6 3.3L bertenaga 266 tk dan torsi 318 Nm. Dari spesifikasi itu posisinya berada di antara mesin 2.0L – 2.4L Innova dan 2.5L - 3.5L milik Alphard.

Pilihan mesin 3.3L buat Sedona di dalam negeri jadi strategi agar KMI keluar dari jalur mainstream. Opsi lain yang tersedia untuk pasar global yaitu diesel 2.2L, namun KMI tidak memilihnya karena khawatir konsumen nanti kesulitan mencari bahan bakar.

“Supaya beda dengan kompetitor, model ini tidak punya pesaing,” kata Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono, Minggu (14/8/2016).

Sedona tersedia tiga varian, AT, Platinum, dan Ultimate. KMI belum merilis harganya di GIIAS, namun dinyatakan resmi kisarannya Rp 426 juta hingga Rp 482 juta. Dari penempatan banderol, KMI juga mau Sedona berada di antara Innova Rp 288,9 juta – Rp 432,7 juta dan Alphard Rp 860,4 juta – Rp 1,6 miliar.

“Kami memberikan pilihan, mau dibandingkan sama apa? Di bawahnya ada Innova, tetapi ini lebih longgar, tenaganya lebih besar 266 tk, buat ke Bandung mau naik 8 orang atau 11 orang kalau emergency masih bisa. Mau yang di atasnya, sama H-1 dan Alphard, harganya jauh di atas, jadi ini di tengah,” kata Hartanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com