Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moge Honda Menggeliat Tahun Ini

Kompas.com - 08/06/2016, 15:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Moge-moge yang didatangkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk pasar nasional makin dikenal. Geliatnya tambah hebat tahun ini dengan pertumbuhan yang diprediksi bisa lebih dari 100 persen, didukung hampir semua amunisi sudah diperbarui..

Hitung-hitungannya begini: Jika AHM hanya mampu menjual 86 unit moge tahun lalu, pada 2016 ini bidikannya naik drastis, mencapai 200 unit. Jika angka itu tercapai, berarti kenaikannya sampai 132 persen, dan Honda masuk jajaran penjual moge yang cukup besar di pasar nasional.

”Kami kan memang baru mencoba (pasarkan) tahun lalu, sekaligus melihat kemauan konsumen dan trennya seperti apa,” ucap Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya dalam acara buka bersama media di Jakarta, (7/6/2016).

Ditambahkannya, jualan moge jauh berbeda dengan motor kebanyakan. Pasarnya sangat kecil karena masuk sebagai barang mewah dengan harga yang tak semua orang bisa menjangkaunya.

”Misalnya CBR1000RR, pasti kecil volume penjualannya dengan harga yang cukup tinggi. Tidak akan banyak, tapi sekali lagi ini adalah flagship product. Kita nggak bicara jualan. Kami akan bertahap membuatnya besar,” kata Margono.

Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), AHM tahun ini sudah menjual 105 unit moge. Artinya, target sudah tercapai lebih dari separuhnya.

Sumbangsih terbesar adalah CB500X (adventure) yang sudah dikirim 55 unit ke konsumen. Lalu disusul CB500F (naked) dan CBR500R (fairing) masing-masing 15 dan 13 unit. Sisanya datang dari CBR650F dan CB650F, ditambah NM4Vultus dan CBR1000RR.

Demi mendukung pemasaran, penjualan, dan layanan purnajual, AHM membuka delapan diler khusus moge (Honda Big Wing) di delapan kota hingga akhir tahun ini. Dua di antaranya ada di Jakarta, sisanya tersebar di Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com