Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Recall Airbag" Takata Sentuh Sepeda Motor

Kompas.com - 01/06/2016, 09:44 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Recall besar-besaran Airbag Takata yang terjadi pada beberapa merek kendaraan roda empat, kini juga menimpa kendaraan roda dua. Informasi ini seperti yang dirilis oleh Lembaga Keselamatan Jalan di Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Sebelumnya, pemberitaan mengenati recall Airbag Takata ini, hanya terkait dengan dengan mobil. Baru kali ini akhirnya terungkap, kalau Honda roda dua juga menjadi korbannya, seperti yang dialami Honda Gold Wing.

Mengutip Motorcycle.com, Selasa (31/5/2016), NHTSA memasukkan 2.701 produk dari Honda Gold Wing, menjadi bagian dari jutaan kendaraan yang terkena recall. Penarikan kembali produk ini terkait inflator airbag untuk moge Honda yang diproduksi dari tahun 2006 sampai 2010.

Motorcycle.com Honda Gold Wing dengan Airbag Takata.

Seperti dilansir Autonews.com dari Reuters, pada akhir bulan Maret 2016, Takata membukukan kerugian bersih sebesar 120 juta dolar Amerika. Diperkirakan, angka in akan meledak hingga miliaran dolar Amerika hingga masalah recall ini selesai.

Saat ini, Takata mengkonfirmasi hingga 2019, pihaknya akan melakukan recall hingga 35-40 juta inflators airbag di Amerika. Sampai saat ini yang sudah di-recall sebanyak 28,8 juta unit.

Pihak Honda berniat untuk menganti modul airbag untuk model yang terkena dampak. Namun, stok airbag sedang habis dan baru akan tersedia pada akhir tahun 2016 atau bahkan awal 2017 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com