Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Euro IV, Ibarat “Telur dan Ayam”

Kompas.com - 25/05/2016, 07:49 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Rencana pemerintah menaikkan kualitas bahan bakar dan mesin mobil, dari Euro II menjadi menjadi Euro IV, seolah jalan di tempat. Padahal akan banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dengan berstatus Euro IV  tersebut.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian mengatakan, kenyataan tersebut seperti telur dan ayam. Jadi tidak jelas mana yang lebih dahulu harus memulai.

“Iya, ini seperti telur sama ayam. Sebetulnya sekarang yang mesti dilakukan adalah kami harus terlebih dahulu mencapai kesepakaan bersama, antara Kemenperin, ESDM atau Pertamina dan Kementerian Lingkungan Hidup. Seperti misalnya mulai kapan Indonesia seharusnya sudah menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” tutur Putu, Selasa (24/5/2016).

Putu melanjutkan, keputusan untuk menentukan standar Euro II menjadi IV, tidak bisa dilakukan dengan tiba-tiba. Perlu peninjauan terlebih dahulu. Hingga saat ini, kajiannya sudah dalam pembuatan. “Terkait dengan ini, Kementerian Lingkungan Hidup sudah menunjuk salah satu konsultan untuk melakukan pengkajian pasar. Nantinya kami akan pakai hasil kajian mereka,” ucap Putu.

Desak Euro IV

Edy Putra, Deputy Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Menko Perekonomian mengatakan, selain memproduksi untuk pasar dalam negeri, para produsen  otomotif roda empat, dituntut juga melakukan ekspor. Jadi sebisa mungkin untuk mempermudah jalannya, salah satunya dengan penetapan Euro IV.

“Sebisa mungkin mendorong untuk itu. Jadi nantinya produsen tidak harus terbebani dengan dua line produksi, untuk lokal (Euro II) dan ekspor (Euro IV), tetapi nantinya mereka hanya akan memiliki satu line produksi,” ujar Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com