Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Mahal BMW, Konsumen Berani Bayar Tunai

Kompas.com - 29/04/2016, 08:41 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ada yang menarik soal konsumen BMW di Indonesia, yakni semakin mahal harga model maka konsumen lebih condong membeli secara tunai ketimbang dicicil.

“Untuk kendaraan BMW, semakin tinggi segmennya, pembelian dilakukan secara lunas,” kata Jodie O’tania Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia, di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

BMW Indonesia BMW Seri 6 terbaru.
Menurut daftar harga yang ada pada situs resmi BMW Indonesia, mobil termurah yang ditawarkan yakni 1118i M Sport seharga Rp 649 juta. Sedangkan pilihan paling mahal adalah M6 Gran Coupe senilai Rp 3,8 miliar.

Jodie tidak mau membeberkan lebih detail berapa komposisi pembeli tunai dan kredit. Selain itu ia juga enggan memberi tahu perihal model mana yang lebih banyak dibeli tunai. Meski begitu ia mengungkap, kebanyakan konsumen BMW di Indonesia berasal dari kalangan pebisnis.

“Jadi pasti dia sudah memperhitungkan nilai suku bunga, kurs, jadi untuk pembelian secara tunai mungkin dianggap lebih menguntungkan,” ucap Jodie.

Berdasarkan data wholesale Gaikindo, selama Januari – Maret 2016, BMW menjual 576 unit, model terlaris Seri 3 (153 unit) dan X5 (146 unit). Sama seperti merek – merek lain, kecenderungannya semakin mahal model maka konsumennya semakin sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com