Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Premuim Tetap "Pede" Tanpa SPG

Kompas.com - 11/04/2016, 21:03 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Perempuan cantik atau Sales Promotion Girl (SPG) di pameran otomotif merupakan bumbu penyedap yang sulit untuk ditinggalkan. Meski begitu, kenyataannya ada juga booth kendaraan roda empat yang hadir tanpa SPG.

Ada setidaknya empat merek mobil yang tidak memanfaatkan jasa perempuan-perempuan tersebut. Semuanya bahkan merek premium yang punya deretan mobil menarik, seperti BMW, Mini, Audi dan Volkswagen.

Jentri W Izhar, Vice President  Sales BMW Group Indonesia mengatakan, pihaknya lebih memilih mempekerjakan pegawai dengan status “Product Genius” dibanding dengan SPG. Product Genius diangap lebih dibutuhkan untuk memberkan informasi yang dibutuhkan konsumen akan produk BMS.

Ghulam/KompasOtomotif Booth audi di IIMS 2016

“SPG sendiri pada akhirnya memang tidak dibutuhkan. Karena yang diperlukan konsumen kami yaitu informasi mengenai mobil BMW, yang bisa didapatkan oleh product genius,” ujar Jentri kepada KompasOtomotif, Minggu (10/4/2016).

DI tempat lain,  salah satu pegawai yang ada di booth Mini mengatakan, pihaknya megakui kalau Mini menganggap kalau SPG cukup membuang dana, maka dari itu pihaknya lebih memilih Mini Consultan.

“Mini consultan itu merupakan usher yang mendapatkan pendidikan mengenai produk Mini. Jadi kami lebih memilih menggunakan itu,” ujar sumber yang tidak ingin disebut namanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com