Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha NMAX Lebih Masuk Akal Ketimbang Honda PCX

Kompas.com - 15/03/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Skutik gambot lagi lumayan happening di kota besar, terutama Jakarta. Kehadiran andalan Yamaha NMAX dengan harga yang lebih masuk akal ketimbang kompetitor utamanya, Honda PCX, membuat segmen ini semakin diminati.

Dalam peta persaingan antara kedua model, NMAX masih melenggang di segmen ini. Meski sempat mengalami penurunan di bulan pertama, namun penjualannya kembali menanjak pada Februari 2016.

Pada bulan kedua 2016, data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, NMAX berhasil terjual hingga 13.999 unit, naik 18,9 persen dibanding Januari, cuma 11.772 unit.

Hasil yang terasa penuh percaya diri ini, seolah mempecundangi Honda PCX yang semakin jauh tertinggal. Pada Janurari 2016, PCX terjual 269 unit, kemudian naik menjadi 343 unit pada Februari 2016.

Sebagai sudut pandang, Honda menawarkan PCX dalam satu varian, dengan banderol Rp 39,8 juta. Sedangkan, Yamaha melepas NMAX dalam dua varian, standar Rp 24 juta dan ABS Rp 27,9 juta. Semua harga berlaku on the road Jakarta.

“Kami bersyukur NMAX masih bisa diterima konsumen. Terima kasih kepada konsumen yang sudah membeli produk Yamaha NMAX,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada KompasOtomotif, Senin (14/3/2016).

Terkait dengan rumors akan datangnya pesaing NMAX dari Honda, Forza. Masykur belum bisa mengatakan apa-apa. “Saat ini kami belum punya ide, karena kami belum mengetahui seperti apa sepesifikasi kompetitor NMAX,” ujar Masykur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com