Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Akui C-HR Datang Terlambat

Kompas.com - 07/03/2016, 13:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Geneva, KompasOtomotif – Model kedua Toyota dengan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA) yang sudah diperkenalkan di Geneva Motor Show 2016 ternyata datang terlambat. Toyota telat ikutan “pesta” crossover yang kini lagi tren di dunia, padahal pengembangan C-HR sudah dilakukan sejak enam tahun yang lalu.

Alasan utamanya justru karena C-HR dirancang di atas TNGA. Dilansir dari Automotive News, Senin (7/3/2016), Kepala Insinyur C-HR, Hiroyuki Koba, mengatakan, crossover terbaru Toyota ini seharusnya menggunakan platform mobil kecil/ringkas.

“Kami telah mempelajari (platform) yang mana terbaik dan setelah melihat TNGA kami bilang ini yang terbaik,” ucap Koba.

Meski telat dibanding Nissan, Honda, Subaru, dan Mazda yang sudah menelurkan crossover baru tapi C-HR datang membawa kelebihan. Salah satunya bisa menggunakan tiga pilihan mesin, yakni 1.2L turbocharged, 1.8L plus motor listrik (hibrida), dan 2.0L.

Selain itu TNGA juga memangkas biaya dan kerumitan produksi sebab berbagi berbagai komponen dengan model lain. Saat ini hanya Prius terbaru yang menggunakan basis TNGA, namun berbagai model lain sudah dipersiapkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com