Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apache RTR 200 Bakal Gerogoti Segmen Sport 150 Cc

Kompas.com - 20/01/2016, 13:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - TVS Apache RTR 200 FI yang baru diluncurkan (20/1/2016), berada di segmen yang "ditinggalkan". Sebut saja Honda Tiger yang sudah pensiun atau Yamaha Scorpio (225 cc) yang tinggal secuil pemasaraannya di segmen sport 200 cc.

Namun, PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) justru melihat ini sebagai peluang besar. Ketimbang bersaing di tengah ingar-bingar persaingan motor sport 150 cc di Indonesia.

Rizal Tandju, Head of Marketing TMCI dalam peluncuran di Sirkuit Sentul, Bogor, mengatakan bahwa pihaknya ingin memberikan sesuatu yang lebih untuk sepeda motor commuter. Harga sebanding kelas 150 cc, tapi performa jauh di atas kompetitor.

"Kenapa gak 250 cc? Karena ini segmennya beda lagi. Apache RTR 200 FI untuk komuter, berada di kelas 150-200 cc. Kami berikan sesuatu yang lebih. Orang ingin 150 cc, kami tawarkan 200 cc. Orang ingin 250 cc, kami berikan 310 cc," ucap Rizal.

Pria yang pernah bergabung bersama Bajaj di Indonesia itu juga bilang, kalau dicari lawan dari sisi kapasitas silinder agak susah. "Ini untuk orang-orang yang menincar sepeda motor 150 cc, tapi butuh power lebih besar. Atau, orang-orang yang tak ingin loncat ke 250 cc karena terlalu besar," kata Rizal.

Jika demikian, berarti Apache RTR 200 FI menantang eksistensi Yamaha New V-ixion Advance dan Honda CB150R Streetfire yang sangat panas bersaing sejak akhir tahun lalu. Mampukah TVS menyeruak di antara keduanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com