Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Dana, Ini Kesulitan Rio Haryanto Masuk F1

Kompas.com - 18/12/2015, 08:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Setelah mendapatkan surat tawaran dari tim Manor untuk memperkuat timnya di balapan Formula 1 (F1) musim depan, Rio Haryanto langsung menjalani uji coba di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, awal Desember 2015.

Selanjutnya, Rio harus membayar uang senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp 225 miliar. Dana itu sudah aman, karena ia mendapatkan surat garansi dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi. Intinya Menpora siap membantu memenuhi kebutuhan dana yang dibutuhkan.

Tapi menurut Rio, selain dana masih banyak rintangan lain yang akan dihadapinya. Kesulitannya adalah harus bersaing dengan pebalap lain agar bisa mendapatkan jatah dua kursi yang telah disediakan oleh tim Manor.

“Jadi sekarang ini bisa dibilang seperti lelang. Saingan saya cukup berat. Tapi peluang saya masuk ke tim Manor cukup besar, karena mereka sangat puas dengan hasil tes yang saya lakukan di awal Desember lalu,” kata pebalap berusia 22 tahun ini kepada KompasOtomotif di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (17/12/2015) malam.

Lanjut Rio, pebalap lain yang menjadi pesaing dalam memperebutkan dua kursi di tim Manor musim depan, diantaranya Alexander Rossi, Will Stevens, Fabio Leimer, Pascal Wehrlein, dan Jordan King.

“Mereka juga pebalap-pebalap yang hebat. Tapi saya optimis bisa merebut satu kursi di tim Manor,” ujar Rio bersemangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com