Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berbeda pada Interior All-New Innova

Kompas.com - 15/12/2015, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bila mata Anda ditutup lalu dituntun masuk ke kabin, besar kemungkinan Anda tidak akan menyadari sedang berada di dalam All-New Kijang Innova saat mata terbuka. Tatanan interior berubah jauh beda dibanding generasi lama, mungkin persamaannya hanya kaca kecil pada pilar A.

Desain, warna, konfigurasi, material, dan pelapis, semuanya lain. Inilah hasil rancangan baru yang mengangkat Innova naik kelas, semakin menjauhi kesan Kijang yang pernah dilabeli predikat “mobil rakyat”.

Toyota Astra Motor (TAM) Interior Toyota Innova.
Pada generasi sebelumnya yang telah bertahan selama 11 tahun, interior Innova dikembangkan fokus untuk penumpang. Beda konsep pada generasi terbaru, perhatian rancangan 50:50 buat penumpang dan pengemudi. Penggantian desain juga sejalan dengan dua tema perubahan yang pernah disebut Bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima, yaitu Grand Tourer dan Multi-Performance Vehicle.

Toyota Astra Motor (TAM) Detail interior All-New Innova tipe V dan Q
Pandangan pengemudi

Dari posisi pengemudi, visibilitas meningkat sebab bentuk dasbor kini melandai hingga mengesankan lapang. Pada instrument cluster sekarang memadukan pengukur analog dengan multi-information display di bagian tengah. Ukuran layar MID pada tipe terendah, G, lebih kecil dibanding V dan Q.

MID berisi indikator pemakaian bahan bakar, pengeluaran biaya sekali jalan, suhu di luar, dan pilihan mode berkendara. Selain itu di area sekitar, pengemudi juga dapat petunjuk soal status fitur Anti-lock Braking System (ABS), mengemudi ECO, kantong udara, rem parkir, dan khusus buat varian V Diesel, Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), serta Hill-Start Assist Control.

Desain baru indikator analog pada kecepatan dan rpm jelas dilihat dengan kombinasi warna putih-biru. Namun menurut KompasOtomotif, ada satu kekurangannya yakni penampang bahan bakar kurang terbaca jelas karena warnanya sama.

Toyota Astra Motor (TAM) Detail interior All-New Innova tipe G.
Kemudi

Lingkar kemudi Innova baru identik dengan All-New Hilux yang sudah meluncur pada Agustus lalu. Beda dibanding sebelumnya, kemudi Innova sekarang punya banyak tombol.

Di bagian kiri untuk pengaturan mode audio, volume suara, voice command, dan angkat-tutup telepon. Sementara di bagian kanan terdapat tombol-tombol pengatur MID, khusus untuk tipe G pengaturan MID hanya menggunakan satu tombol “display”.

Toyota Astra Motor (TAM) Detail interior All-New Innova tipe G.
Kemudi bisa diatur naik-turun dan maju-mundur, hal ini baik buat pengemudi agar bisa mencari posisi paling nyaman dan aman saat mengemudi. Kenyamanan juga ditunjang material pelapis baru pada bagian yang melekat dengan badan seperti pada jok dan sandaran tangan.

Fitur baru lain yaitu, start/stop engine (tipe Q) dan cup holder di bagian kanan dasbor.

Sistem audio

Pada tipe G sistem hiburan dibekali layar monitor ukuran 7 inci dengan fitur voice command, SD Card, serta konektivitas via Bluetooth, USB, dan AUX. Kelengkapan itu juga terdapat pada tipe V dan Q namun ditambah ukuran layar 8 inci, Toyota Move, web browser, serta koneksi HDMI. Khusus tipe Q terdapat air gesture buat pengaturan tanpa menyentuh layar.

Semua tipe All-New Innova mempunyai enam speaker.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com