Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Baru, Target Prius Justru Dipangkas

Kompas.com - 10/12/2015, 11:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Penjualan generasi keempat Prius telah dimulai di Jepang pada Rabu (9/12/2015) kemudian siap menuju Amerika Serikat, Asia, dan Eropa mulai awal tahun depan. Ternyata, Toyota Motor Corp menurunkan target penjualan global tahunannya, ada apa gerangan?

Prius baru dijual di Jepang 2,43 juta yen atau berkisar Rp 275 juta. Pada generasi ketiga penjualan per tahun dipatok sekitar 300.000 – 400.000 unit namun kini, walau generasi keempat dikatakan lebih irit 20 persen, hanya diharapkan 300.000 – 350.000 unit.

Sumber dari Toyota mengungkap kepada Automotive News, tren penurunan penjualan mobil hibrida di pasar global sejak 2013 jadi alasan utama pemangkasan target Prius. Ditambah lagi, harga bahan bakar di AS sedang turun jadi minat pembelian hibrida juga melemah.

Selama Januari – November 2015 penjualan Prius drop 12 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Toyota adalah pemimpin pasar global, delapan dari sembilan juta model hibrida-bensin yang beredar di dunia bermerek Toyota. Hampir empat juta dari itu adalah Prius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com