Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Etios Pakai Mesin Baru

Kompas.com - 12/11/2015, 08:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Brasilia, KompasOtomotif – Perubahan besar sedang disiapkan Toyota buat Etios. Diberitakan media Brazil, Automotive Business, pekan lalu, hatchback kompak ini bakal menggendong mesin baru berkapasitas sama.

“Akan ada mesin baru 1.3L dan 1.5L, berbeda dengan hari ini,” ujar Luiz Carlos Andrade Jr, Regional Coordination Officer at Toyota Motor Corporation / Latin America and Caribbean Region.

Kedua tipe mesin itu diproduksi di pabrik baru di Porto Feliz, Sao Paulo, Brazil. Pabrik ini sudah mempekerjakan 180 orang dan dikatakan sedang dalam masa pelatihan membuat mesin baru. Saat resmi beroperasi penuh, total pekerja di pabrik mencapai 340 orang.

Bukan hanya mesin, tapi transmisi Etios juga baru. Diketahui, manufaktur Aisin yang akan membuatnya di pabrik baru di Itu, Sao Paulo. Pembukaan pabrik Porto Feliz dan Itu dilakukan bersamaan pada awal 2016.

Belum ada penjelasan perubahan mesin ini berlaku untuk global atau hanya untuk kawasan Amerika Selatan saja. Etios bodi hatchback diproduksi di Indonesia, tapi memakai mesin 1.2L. Lantas apakah opsi transmisi otomatis bakal tersedia dengan penggunaan mesin baru, belum ada keterangan tambahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com