Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaket Dainese "Airbag" Mulai Dijual Massal

Kompas.com - 27/09/2015, 07:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Misano, KompasOtomotif – Rencana Dainese membuat jaket kulit dengan teknologi kantung udara (airbag) bukan isapan jempol belaka. Sebab, produsen apparel ternama asal Italia itu sudah mengumumkan akan menjual secara massal mulai November 2015.

Adalah D-air Misano 1000. Dilansir laman Visordown, Minggu (27/9/2015) karena dibekali dengan segudang fitur khususnya kantung udara, maka jaket ini pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni 1.499 euro atau sekitar Rp 24,5 jutaan dalam kurs saat ini.

D-air Misano 1000 ini merupakan jaket kulit pertama Dainese yang dibekali teknologi kantung udara. Jaket ini bisa dikontrol secara elektronik dan telah dirancang untuk diaktifkan secara independen dari sensor pada sepeda motor. Sistem elektronik pada jaket ini tersimpan di balik pelindungnya.

Cara kerjanya, jika pengemudi dan sepeda motornya mengalami benturan keras maka kantung udara otomatis mengembang 5 cm. Sehingga airbag tersebut mampu memberikan perlindungan tulang selangka, dada dan punggung penggunanya.

Jaket ini memiliki enam sensor, semuanya itu akan bekerja sesuai dinamika pengendara sebanyak 800 kali per detik untuk menentukan kapan kantung udaranya itu harus mengembang dan menariknya lagi, jaket ini juga dilengkapi dengan LED kecil agar bisa memantau sistem telah bekerja dengan baik atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com