Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki “Rebut Kembali” 19,9 Persen Sahamnya dari VW

Kompas.com - 17/09/2015, 09:07 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Perselisihan antara Suzuki dengan Volkswagen (VW) sudah berakhir. Produsen otomotif asal Jepang itu sudah resmi membeli kembali 19,9 persen sahamnya dari tangan VW.  Suzuki menggelontorkan dana US$ 3,9 miliar atau setara dengan Rp 56,4 triliun untuk mencaplok sahamnya itu.

Keputusan VW tersebut, seperti diberitakan lama Reuters, Kamis (17/9/2015) diambil setelah pengadilan arbitrase internasional meminta produsen mobil asal Jerman itu menjual sahamnya kembali kepada Suzuki. Karena konflik kedua merek itu sudah terlalu lama terjadi, yakni November 2011 lalu.

Setelah membeli sahanya itu, Suzuki tidak menjelaskan apa rencana selanjutnya yang akan dilakukan. Tapi, menurut salah seorang pemegang saham Suzuki, Daniel Loeb, Suzuki harus tetap fokus meningkatkan nilai kepada para pemegang saham yang ada.

Perselisihan Suzuki dengan VW itu terjadi karena merek Jerman itu dianggap ingkar janji. Desember 2009 lalu, Suzuki dan VW telah setuju untuk melakukan kerjasama dalam hal teknologi yang akan dikembangkan di negara-negara berkembang. Tapi, urung terlaksana karena perselisihan terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com