Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Napas” Defender Diperpanjang

Kompas.com - 21/07/2015, 08:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Coventry, KompasOtomotif - Jaguar Land Rover (JLR) sepertinya masih belum rela bila si gaek penakluk segala medan, Defender, mendapat gelar “purnawirawan”. Automotive News, Senin (20/7/2015), menyitat dari Birmingham Post, mengungkap, produksi model ikonis 4X4 ini dilanjutkan hingga 2016.

Januari lalu JLR telah mengatakan generasi terakhir -yang kini masih beredar- Defender selesai diproduksi di pabrik Land Rover di Solihull, Inggris, pada Desember 2015 setelah dimulai pada 1948. Model berumur 67 tahun ini dianggap tak lagi sesuai dengan regulasi modern tentang uji emisi, tabrak, dan perlindungan pejalan kaki.

Sebagai penanda tahun perpisahannya JLR membuat tiga edisi spesial, tapi ternyata peminatnya terus berdatangan. Pesanan menumpuk, kapasitas produksi pun ditambah dari 84 unit per hari menjadi 125 unit.

“Akan diperpanjang setidaknya hingga akhir Februari (2016). Kami mendapat banyak pesanan dan akan selesai setelah itu,” ujar salah satu karyawan Land Rover yang bekerja di pabrik. Disebutkan juga bahwa masih ada kemungkinan produksi diteruskan hingga April 2016.

Sebelum dinamakan Defender, model ini disebut Series 1 saat diluncurkan di Amsterdam Motor Show 1948. Hingga saat ini sudah lebih dari dua juta unit yang beredar di seluruh dunia, tahun lalu Defender diproduksi 17.781 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com