Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Sedan Masih Dijual Kia Indonesia, tapi...

Kompas.com - 03/07/2015, 12:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Buat yang masih berminat meminang Kia Rio versi sedan, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) masih menjualnya sampai saat ini. Meski tak ada stok khusus, namun ditegaskan jika ada konsumen yang berminat, unit akan disiapkan.

Hal tersebut dipastikan oleh Direktur Pemasaran KMI Hartanto Sukmono usai meluncurkan Rio dan Picanto Platinum, di Jakarta, Rabu (1/7/2015). Dijelaskan bahwa sampai saat ini KMI masih menerima permintaan model ini.

”Perpajakan untuk sedan berbeda, lebih mahal dari versi hatchback. Akibatnya tidak banyak orang Indonesia yang beli sedan. Kalau produknya sama, orang lebih berpikir beli hatchback. Tapi kami tetap menjualnya berdasarkan pesanan,” kata Hartanto.

Memang, buat sebagian orang, sedan masih menjadi jenis mobil yang fungsional. Bagasi cukup luas dan kesan mewah akan didapat ketimbang membeli hatchback. Namun peraturan pemerintah yang mengatagorikan sedan sebagai mobil mewah membuat pajaknya melambung.

KMI pun memberi solusi atas produk satu ini dengan memasarkannya sebagai alternatif taksi. Spesifikasinya jelas jauh dikurangi, namun jika ada konsumen yang ingin membeli versi untuk penggunaan pribadi, KMI siap menyediakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com