Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Usia, Biker Brotherhood MC Makin Dewasa

Kompas.com - 22/06/2015, 07:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Komunitas Biker Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) yang sebagian besar angotanya menunggangi sepeda motor berusia tua, merayakan ulang tahun ke-27. Perayaannya dilakukan di Gudang Persediaan PT KAI Cikudapateuh, Jl Sukabumi Bandung, 13-14 Juni 2015 lalu.

Kematangan usia klub ini ditunjukkan dengan perayaan yang tak hanya asal berkumpul, namun ditandai dengan parade budaya dan peluncuran buku ”BBMC Inside Looking Out – Outside Looking In”.

Tema yang dipakai adalah ”Pride to Ride The Heritages: To Keep & Immortalize Our Preciuous Legacy”, menegaskan kembali posisi BBMC sebagai bagian dari NKRI yang peduli dengan nilai-nilai sejarah dan budaya Indonesia.

”Sebagai klub sepeda motor, kami ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa propaganda kami bukan sekadar eksis di dunia otomotif, namun juga ikut menjaga kelestarian sepeda motor tua sebagai media kami, serta peradaban budaya mulai bangunan bersejarah hingga etnik budaya lainnya,” kata Pegi Diar, Ketua Pelaksana The 27th Anniversary of BBMC.

Acara unik

Seperti biasa, kemasan BBMC selalu unik dan berbeda. Pembukaan acara didahului dengan marching band serta pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra Kota Bandung, serta pentas budaya tiap chapter.

BBMC Jakarta Chapter misalnya, menyuguhkan adat Betawi Palang Pintu. BBMC Bali Chapter mempersembahkan Tari Pendet, serta rombongan BBMC Central Java menyajikan formasi Pasukan Keraton Yogyakarta.

Di kesempatan itu juga diluncurkan buku yang mengisahkan sisi humanisme BBMC berjudul Bikers Brotherhood Motorcycle Club “ Inside Looking Out- Outside Looking In, ditulis oleh Chef Haryo Pramoe dan Dwi Aryo atas nama Film Rockerz.

Buku setebal 220 halaman ini dibuat untuk menjadi salah satu jendela yang membuka ruang pandang antara BBMC dan saudara-saudara yang berada di luar lingkar BBMC. Dalam buku ini diisi juga oleh kumpulan cerita foto dan sekelumit gambaran persaudaraan BBMC.

Lebih dari 150 klub menghadiri acara Pride to Ride The Heritages dalam rangka ulang tahun ke-27 BBMC, termasuk Warpig MC Singapore dan Independent MC Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com