Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brotherhood Rahasiakan Jumlah Anggota, Ini Alasannya

Kompas.com - 11/06/2015, 14:00 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Meski sudah berdiri selama 27 tahun, Bikers Brotherhood Motorcycle Club Indonesia (BBMCI) menolak menyebutkan jumlah anggota. Lalu apa alasannya?

“Member kami tersebar di seluruh Indonesia. Dari Sumatera hingga Papua, kami memiliki member yang loyal. Tapi kami tidak bisa sebutkan berapa, karena kami tidak ingin ditumpangi politik dalam pilkada atau apapun. Jumlah kami cukup untuk menjaga benteng pertahanan,” ujar CommitteBBMCI, Reza Pamungkas, di Bandung, Kamis (11/6/2015).

Reza menjelaskan, data resmi yang bisa di share pihaknya hanyalah, BBMCI memiliki 27 chapter di Indonesia. Ada dua wilayah lagi yang saat ini berpotensi menjadi chapter, namun belum bisa diinformasikan kapan akan dijadikan chapter.

“Pembentukan chapter di kami berbeda. Bukan hanya karena anggota banyak dan kuota terpenuhi lalu membentuk chapter. Di kami, yang terpenting adalah rasa. Ketika rasa yang terbangun di tempat tersebut sudah sama dengan yang kami rasakan, maka akan didirikan chapter,” ungkapnya.

Itulah mengapa, sambung Reza, hingga kini di Indonesia baru ada 27 chapter. Bahkan anggota yang ada di luar negeri pun belum didirikan chapter. Dari catatan yang dimilikinya, anggota BBMC tersebar di Amerika Serikat, Australia, Inggris, Belanda, Jedah, dan negara-negara tetangga. Namun secara kasat mata, jumlah member BBMCI bisa dilihat ketika ada event. Sedikitnya, 20.000 bikers kerap memadati event BBMCI.

Ketua Penyelenggara Ulang Tahun BBMCI ke-27, Pegy mengungkapkan, BBMCI berdiri tahun 1988 di Kota Bandung. BBMCI didirikan sekumpulan anak muda jalanan yang setiap hari membuat ‘panas’ jalanan di Kota Bandung. Selama perjalanan tersebut, banyak kejadian seru dan haru.

“Bila dianalogikan dengan manusia, usia 27 tahun adalah usia dimana manusia sudah memiliki kematangan berpikir dan bertindak dalam segala perilakuanya, serta memiliki konsep yang layak diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Begitupun dengan BBMCI,” tuturnya.

Namun BBMCI punya cara sendiri untuk membuktikan kepedulian kepada bangsa dan negara. “Dan kami berpikir, tidak pernah ada kata tua untuk terus membuktikan kepedulian kita, menegakkan nilai-nilai perjuangan dan persaudaraan bangsa dan negara Indonesia,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com