Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Ekspor Komponen Bernilai Ratusan Miliar Rupiah

Kompas.com - 27/05/2015, 14:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif – Selain mengekspor sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) juga menggerakkan rantai pasokan komponen ke luar negeri melalui anak perusahaan dan jaringan bisnisnya. Nilai komponen sepeda motor yang diekspor cukup fantastis, mencapai Rp 853 miliar per tahun, dan diprediksi meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Komponen-komponen buatan dalam negeri ini telah diekspor ke berbagai negara di lingkup ASEAN, Asia, Eropa, hingga Amerika. Berbagai komponen penting itu antara lain berupa disc brake, rear cushion, fuel pump, light assy head, body assy, piston, dan masih banyak lainnya.

Dalam pelepasan ekspor perdana Honda BeAT ke Filipina, Selasa (26/5/2015), di pabrik AHM Cikarang, Bekasi, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengharapkan ekspor unit dan komponen sepeda motor Honda dapat memberikan manfaat besar bagi industri komponen dalam negeri sekaligus memberikan kebanggaan bagi bangsa.

”AHM bersama jaringan bisnisnya berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis dan memperkuat kontribusinya dalam pembangunan bangsa. Ekspor Hoinda BeAT dan komponen ini menjadi penanda bahwa kami tak hanya punya produk berkualitas, tetapi juga punya perusahaan komponen berkualitas,” ujar Loman.

Perusahaan dalam negeri yang terlibat dalam ekspor komponen ini sebanyak 11 perusahaan yakni PT Showa Indonesia Manufacturing, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Musashi Auto Parts Indonesia, PT Toyo Denso Indonesia, PT Mitsuba Indonesia, PT Indonesia Stanley, PT Indonesia Nippon Seiki, PT Honda Lock Indonesia, PT Astra Otoparts, Divisi Nusa Metal, PT Indokarlo Perkasa, dan PT Federal Izumi Mfg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com