Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat Luncurkan Mobil Kompak Pesaing VW Golf

Kompas.com - 22/05/2015, 17:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Turin, KompasOtomotif - Fiat memperkenalkan produk terbarunya, Aegeam di Istanbul Motor Show, Turki. Sedan kompak ini merupakan produk global terbaru merek asal Italia itu, karena siap dipasarkan ke 60 negara lain di dunia, di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, tulis Fiat dalam keterangan resmi perusahaan, seperti dikutip dari Autonews, Kamis (21/5/2015).

Fiat juga berniat melahirkan versi hatchback dari Aegea dalam waktu tidak lama lagi. Varian baru ini akan melengkapi portofolio Fiat, salah satunya di Eropa, di mana hatchback merupakan model terlaris kedua di bawah mobil kompak. Sedan baru Fiat ini merupakan hasil kolaborasi dengan mitra pabrik perakitan Tofas di Bursa, sebelah tenggara Turki.

Aegea dilahirkan sekaligus meneruskan model sebelumnya, Linea (sedan) dan Bravo (hatchback) yang sudah dihentikan produksinya. Juru bicara Fiat menyatakan, Aegea merupakan nama proyek, bukan mobil yang dimaksud.

Fiat/Carscoop Nama Aegea hanya sementara diambil dari Laut Aegea yang menghubungkan Turki dan Yunani.

Nama ini merupakan penghargaan terhadap Turki dan "menggambarkan simbol jembatan penghubung antara dunia barat dan timur," tulis Fiat. Diambil dari nama Laut Aegean yang terbentang antara Turki sampai Yunani.

Nama sedan ini baru akan diumumkan musim semi ini, termasuk model lanjutan lainnya. Sedan ini diproduksi menggunakan platform sama seperti Fiat 500L, 500X crossover, dan Jeep Renegade.

Bicara segmen, sedan terbaru Fiat ini akan bersaing dengan rival seperti Peugeot 301, Skoda Rapid, termasuk Volkswagen Golf.

DIproduksi di Turki.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com