Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Pabrik Baru, Toyota Habiskan Rp 12,8 Triliun

Kompas.com - 16/04/2015, 09:08 WIB
Mexico City, KompasOtomotif - Toyota resmi mengumumkan rencananya membangun fasilitas pabrik baru yang berlokasi di Meksiko. Nantinya pabrik ini akan melayani kebutuhan operasi Toyota di wilayah Amerika Utara.

Pabrikan raksasa asal Jepang ini menanamkan investasi sebesar 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 12,835 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk memulai pembangunan pabrik yang berada di wilayah Guanajuato. Rencananya, pabrik baru ini bisa menyerap 2.000 tenaga kerja baru dengan kapasitas produksi mencapai 200.000 unit per tahun.

Pabrik ini akan fokus untuk merakit generasi terbaru sedan Corolla. Selain itu, model lain yang menggunakan Toyota's New Global Architecture (TNGA). Platform baru ini akan dipadankan dengan proses perakiran untuk bisa dipakai di model Toyota lainnya.

Ekspansi Toyota di Meksiko ini sekaligus akan memindahkan produksi Corolla dari pabrik  di Cambridge, Ontario, Kanada. Tapi, Toyota berjanji fasilitas di Kanada tetap akan memproduksi modelm lain yang lebih mewah, termasuk produksi model Lexus.

"Ke depannya pabrik perakitan di Meksiko uni akan memprodiksi model masa depan dengan standar baru yang penuh inovasi," jelas pimpinan Toyota Amerika Utara, Jim Lentz, seperti dilansir Leftlanenews, Kamis (16/4/2015).

Pabrik Guanajuato akan memproduksi model pertamanya yaitu Corolla 2020. Pabrik ini adalah fasilitas ke-15 Toyota di Amerika Utara dan menjadi investasi terbesar yang pernah ditanamkan di Meksiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com