Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alternatif "Hijau" buat Biker di Indonesia

Kompas.com - 07/03/2015, 09:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Turin, KompasOtomotif - Bagi Anda para biker yang sudah bosan mengendarai sepeda motor, mau beralih ke tunggangan yang lebih ramah lingkungan, tetapi tidak meninggalkan asyiknya sensasi roda dua. Ada solusi menarik yang ditawarkan sepeda elektrik (E-Bike) dari Italjet yang segera dijual di Indonesia, mulai Juni-Juli 2015.

Apa itu E-Bike?

Merupakan sepeda kayuh yang sudah dilengkapi dengan motor listrik bertenaga baterai. Tenaga motor listrik ini terintegrasi dengan perputaran pedal, sehingga membantu kemampuan daya kayuh suatu sepeda. Dari segi fungsi, E-Bike itu mirip moped listrik, tetapi tidak menghilangkan fungsi dari pedal kayuh.

Riccardo Tartarini, Kepala Divisi Ekspor Italjet menjelaskan, E-Bike merupakan tren baru di kalangan pesepeda di dunia. Keunggulan Italjet E-Bike menawarkan produk premium dengan sentuhan nilai seni tinggi, karena beberapa bagian desain sasisnya diproduksi dengan tangan.

Agung Kurniawan Italjet Diablone, salah satu model terlaris E-Bike dari Italia.

"Dulu kami yang pertama memutuskan untuk menggunakan ban lebar untuk sepeda, semua orang sempat menertawakan. Tapi, sekarang semua mengikuti tren ini," cetus Massimo Tartarini, CEO Italjet.

Italjet E-Bike memiliki desain unik dengan nuansa retro dengan aksen rendah bergaya "low rider". Sepeda ini dilengkapi dengan motor listrik berkekuatan 350 watt, memungkinkan dikayuh sampai kecepatan maksimum 32 kpj di luar tenaga kayuh. Baterainya sudah lithium-ion, sehingga pengisian tenaga bisa dilakukan kapan saja.

"Ketika baterai terisi penuh, untuk Indonesia bisa nempuh jarak 90-100 km. Pengisian baterai dari kosong sampai penuh butuh waktu sekitar 4 jam," imbuh Riccardo di Turin, Italia, Jumat (6/3/2015).

Total, sudah ada empat model yang diproduksi massal oleh Italjet dalam empat tahun terakhir, yakni Diablone, Angel, Ascot Sport, dan Ascot Classic. Mulai Juni, Italjet juga sudah mengembangkan satu tambahan model baru, Mantra. Kelima model ini akan dipasarkan ke Indonesia beberapa bulan lagi, tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com