Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ebike, Sepeda Listrik dari Smart

Kompas.com - 24/08/2011, 14:35 WIB

STUTTGART, KOMPAS.com - Smart akan memproduksi sepeda listrik yang mereka namai Ebike, mulai tahun depan. Alat transportasi kayuh ini pertama kali ditampilkan  di ajang Paris Auto Show tahun lalu bersamaan dengan mobil dan skuter listrik. Target pasarnya, Smart memilih pecinta "goweser" di Eropa dan Amerika Utara .

Dalam memproduksi Ebike, Daimler menggandeng produsen sepeda listrik dari Jerman, Grace. Sepeda tersebut bisa disaksikan di ajang Frankfurt Auto Show (pertengahan September) dan  di pameran Eurobike di Friedrichshafen, Jerman, akhir bulan ini, (31/8). Smart berhadap Eropa bisa menjadi lokomotif utama penjualan sepeda listrik, dengan estimasi total pasar naik 40 persen dari tahun lalu menjadi 700.000 unit.

Smart Ebike merupakan produk unggulan dengan bodi terbuat dari bahan baja ringan dikombinasi aluminium, dan plastik. Lalu, lampu depan dan belakang LED, keping cakram, colokan USB untuk ponsel pintar (smartphone), dan menggunakan ban ukuran 26 inci.

Ketika melaju, Ebike digerakkan oleh motor listrik 250 watt dipadu dengan transmisi otomatis 3-percepatan. Sumber tenaga disuplai dari baterai lithium-ion yang bisa diisi ulang dari stop kontak di rumah. Baterai dalam kondisi penuh  bisa menempuh jarak maksimum 96,5 km dengan kecepatan tertinggi 24 km per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com