Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Semakin "Semerbak" di AS

Kompas.com - 26/02/2015, 08:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

New York, KompasOtomotif - Setelah mendapat predikat merek paling memuaskan 2015 versi majalah nirlaba Consumer Report, kini harum Lexus semakin semerbak di Amerika Serikat. Merek premium di bawah payung Grup Toyota itu menyabet penghargaan terbaru dari JD Power sebagai kendaraan yang paling bisa diandalkan (Vehicle Dependability Study) 2015, dilansir Automotive News (25/2/2015).

Hebatnya lagi, penghargaan ini berhasil dipertahankan Lexus dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Tapi, kejutan justru datang dari Buick, salah satu merek milik General Motors tahun ini, karena berhasil menggeser Toyota menduduki posisi kedua dalam kategori yang sama. Toyota harus puas dengan peringkat ketiga.

Dari hasil studi yang dilakukan, pemilik Buick mengalami 110 permasalahan pada mobilnya, berdasarkan perhitungan 100 unit mobil. Sedangkan, konsumen Toyota tercatat mengalami 111 masalah pada mobilnya. Lexus jadi yang terbaik, dengan cuma mencatatkan 89 permasalahan dari pemiliknya.

Beberapa merek lain, yang masuk dalam daftar teratas, antara lain Scion (Toyota), Ram (GM), dan Mitsubishi. Dalam hal grup perusahaan, GM dan Toyota mencatatkan merek paling banyak, total masing-masing meraih tujuh pengharagaan di beberapa segmen berbeda.

Sementara beberapa merek yang mendapat nilai di bawah rata-rata industri yang tercatat 147 masalah per 100 unit mobil, meliputi Subaru, Volkswagen, Ford, Hyundai, dan Mini. Penurunan peringkat terburuk harus dialami Land Rover dan Fiat.

Studi Ketergantungan Kendaraan (VDS) meneliti berbagai permasalahan yang dialami konsumen dari mobil-mobil lansiran 2012 dalam setahun terakhir (12 bulan). Dari hasil kesimpulan, ada dua maslah paling sering muncul pada semua mobil yang diteliti, yakni konektivitas Bluetooth dan sistem perintah suara (voice command system).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com