Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Gunakan Teknologi Land Rover untuk Saingi Fortuner

Kompas.com - 16/02/2015, 14:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Sejak Land Rover dibeli grup otomotif besar asal India, Tata Motors pada 2008, perlahan rumor kelahiran model terbaru kolaborasi keduanya terus mencuat. Sedikit pencerahan datang dari Autocar India pekan lalu, yang melansir kabar mobil produksi pertama Tata tersebut akan berwujud SUV dengan nama kode Q501.

Model anyar menggunakan platform yang sama dengan keluarga baru Land Rover, Discovery Sports (L550). Meski berbagi berbagai struktur, SUV baru bermerek Tata Motor akan dibedakan dari rupa dan pilihan mesin.

Dikatakan, Tata sedang mengevaluasi mesin Fiat 2.0 Multijet II dengan potensi kemampuan 150 – 175 tk. Namun masalah yang dihadapi mesin ini sangat mahal karena diimpor dari Italia. Biaya produksi Q501 akan bisa ditekan saat Fiat memutuskan memproduksi lokal 2.0 Multijet II untuk Jeep di pabrik Ranjangoan, India.

Level biaya produksi Q501 telah ditetapkan, namun visibilitas pengembangan belum bisa mencapai target. Meski begitu targetnya tinggi, SUV baru ini bakal dijadikan volume maker. Di India model produksi akan bersaing dengan dengan Mahindra XUV500 di segmen bawah dan Toyota Fortuner untuk segmen atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com