Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantang Juke dan HR-V Resmi Meluncur di Korsel

Kompas.com - 15/01/2015, 12:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Seoul, KompasOtomotif - Ssangyong akhirnya resmi meluncurkan model terbarunya Tivoli di Seoul, Korea Selatan, dilansir Carscoop, Rabu (14/1/2015). Kendaraan bergenre SUV kompak ini menjadi model pertama yang diluncurkan Ssangyong setelah diakuisisi Mahindra & Mahindra dari India.

Peluncuran internasional akan dilaukan Ssangyong di ajang Geneva Auto Show, Maret 2015 mendatang. Selain untuk pasar domestik Korsel, Tivoli juga siap dijual di Inggris dan negara Eropa lain. Di kelas SUV kompak, Ssangyong Tivoli akan beradu dengan Nissan Juke, Honda HR-V, dan Peugeot 2008.

Ssangyong menawarkan Tivoli dalam dua pilihan mesin, masing-masin 1.6 liter, besin dan diesel. Untuk tahap awal, hanya tersedia satu sistem penggerak roda depan. Mesin e-XGi160 bensin, diklaim baru dikembangkan, menghasilkan tenaga hingga 124 tk dan torsi 157 Nm. Tipe mesin ini ditawarkan dalam dua pilihan tranmsisi, 6-percepatan manual atau Aisin 6-percepatan otomatis.

Ssangyong mengklaim, Tivoli bensin dengan transmisi manual punya rata-rata konsumsi bahan bakar 12,3 kpl. Detail soal 1.6 liter diesel, masih belum dijelaskan lebih lanjut oleh Ssangyong sampai peluncuran internasionalnya di Geneva, Maret 2015.

Kelengkapan lain yang ditawarkan sebagai fitur standar, antara lain power steering elektrik, tiga mode berkendara (normal, nyaman, dan sport), sistem infotainment berupa layar sentuh 7 inci, pendingin ruangan otomatis, smart key entry, dan sensor parkir.

Untuk menunjang keamanan, kelengkapan meliputi, kantong udara, ESP, sistem pemantau tekanan ban. Bagi yang butuh fitur tambahan, juga ada sunroof, Cruise Control, wiper dengan sensor hujan, lampu depan dengan aktivasi otomatis, dan kamera belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com