Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Tatap Target 200.000 Unit Tahun Ini

Kompas.com - 09/01/2015, 09:19 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif - Porsche menargetkan penjualan 200.000 unit tahun ini, jumlah yang semula ditetapkan tiga tahun lagi (2018). Optimisme disampaikan pabrikan asal Jerman ini berkat rekor penjualan yang dicapai pada 2014 lalu.

Penjualan di Desember naik 39 persen menjadi 20.644 unit dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Sepanjang tahun, lonjakan tercatat naik 17 persen menjadi 189.849 unit. Hampir dari dua per tiga penjualan Porsche disumbang model SUV, ditopang Macan yang mulai dijual April 2014, dilansir Reuters, Kamis (8/1/2015).

Chief Executive Porsche Matthias Mueller mengatakan, Sekitar 34.000 orang dari 45.000 konsumen Porsche yang membeli Macan, merupakan pembeli baru. Menariknya, mereka sebelumnya merupakan pemilik BMW, Mercedes-Benz, atau rival lain.

Porsche berkontribusi seperlima dari total keuntungan operasional Grup Volkswagen dalam sembilan bulan pertama 2014 yang tercatat 9,4 miliar euro. Margin ini, jelas Mueller, bisa mengecil menjadi 13 persen saja, dari sebelumnya mencakup 17-18 persen karena perusahaan berupaya meningkatkan teknologi efisien dan konektivitas.

Suksesor
Di sisi lain, Mueller yang saat ini berusia 61 tahun, disebut-sebut akan menjadi suksesor orang nomor satu di Grup VW, Martin Winterkorn. Pasalnya, Winterkorn, sempat menyampaikan spekulasi kemundurannya dalam wawancara Oktober lalu, ketika kontraknya berakhir Desember 2016 mendatang. Usianya pada saat itu akan mencapai 69 tahun dan sudah cukup tua untuk bisa berhenti bekerja.

"Saya bukan potensi suksesor bagi Winterkorn. Saya terlalu tua untuk pekerjaan itu. Ini bukan solusi bagi VW, menempatkan orang berusia 63 tahun di pucuk pimpinan," beber Mueller. Ia juga mengaku sudah menyampaikan hal ini pada kantor pusat VW.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com