Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Koma, Perjuangan Schumacher Masih Belum Usai

Kompas.com - 04/01/2015, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif — Legenda Formula 1, Michael Schumacher, seperti menolak dihampiri maut. Setahun koma sejak terjatuh ketika bermain ski pada 29 Desember 2013 lalu, belum ada pihak yang berani menyatakan kapan pensiunan pebalap "jet darat" ini bakal bangkit dari tempat tidur.

Schumacher terbaring di rumah sakit tanpa sadar sejak kecelakaan. Namun, sembilan bulan kemudian, ia diputuskan untuk menjalani perawatan medis di kediamannya. Saat itu, banyak spekulasi merebak. Juara F1 tujuh kali itu dikatakan mulai siuman dan berangsur membaik.

Menjelang akhir tahun 2014, rumor kembali berkembang. Berdasarkan pendapat mantan pebalap F1 yang juga pernah mengalami koma panjang, Philippe Streiff, pada salah satu surat kabar Perancis memberitakan, proses pemulihan Schumacher berjalan bagus.

Namun Sabine Kehm, manajer Schumacher, yang selama ini menjadi juru bicara keluarga setelah kecelakaan, mengklarifikasi dengan mengatakan kepada ESPN F1, "Kita butuh waktu lama. Ini akan sangat lama dan butuh perjuangan keras". 

"Schumacher membuat kemajuan yang sesuai dengan tingkat keparahan situasi. Saya tidak bisa mengonfirmasi (laporan tersebut). Saya hanya bisa menginfokan bahwa saya tidak mengetahui kapan Streiff mendapatkan informasi itu karena ia tidak pernah bertemu dengan kami dan memang tidak pernah," ujar Kehm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com